Tempat Wisata di Indramayu



1.Pantai Tirtamaya


Tempat Rekreasi Pantai Tirtamaya adalah salah satu tujuan Wisata yang banyak dikunjungi, selain sebagai pemandian laut yang aman juga mempunyai panorama yang indah terutama pada saat terbit dan terbenamnya matahari.
Di lokasi wisata ini juga terdapat pantai yang kurang lebih 50 meter ke lepas pantai masih bisah di lalui dengan jalan kaki. Di lokasi wisata ini juga terdapat warung-warung untuk peristirahatan selepas menikmati keindahan pantai Tirtamaya, terdapat juga tempat untuk Pemandian atau ruang bilas apabila sudah selesai bermain di pantai ini. Pantai Tirtamaya terletak di jalur Jalan Raya Indramayu-Cirebon ±16km dari kota Indramayu atau ±38 km dari kota Cirebon untuk masuk ke kawasan Pantai ini dikenakan biaya 3000 untuk per orang.

2.Pantai Eretan


Pantai eretan adalah salah satu pantai yang letaknya tak jauh dari indramayu, tepatnya di Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.  Pantai ini cocok dijadikan tempat istirahat, tempat singgah bagi pengunjung yang akan menuju ataupun pulang dari jakarta. Sepanjang pantai ditumbuhi hutan mangrove dan ada beberapa warung yang menjajakan kuliner khas laut yang sangat nikmat. Banyak sekali pengunjung ketika liburan dan hari raya, mereka datang dari beberapa daerah seperti majalengka, sumedang, bogor, jakarta dan bandung.
Namun sayangnya pantai ini mengalami abrasi, tiga puluh tahun lalu daratan luas yang terbentang hingga pantai Eretan, selain lahan pertanian juga hutan bakau, pohon rindang menambah indahnya suasana pantai. Masyarakat setempat merasa aman karena laut jaraknya cukup jauh, namun sekarang laut sudah bisa dilihat dari depan rumah. Dataran yang biasanya digunakan bermain atau bersantai sekarang sudah terkikis abarasi tenggelam menjadi lautan.
Pengunjung tidak perlu kuatir, masih banyak keindahan dan suasana apik yang bisa dinikmati. Jangan lupa untuk menjaga selalu pantai di tempat tinggal anda.

3.Situ Bojongsari

 

Kawasan Wisata Bojongsari terletak di desa Bojongsari Kabupaten Indramayu ± 2 KM dari pusat kota Indramayu, dengan luas area ± 15 Ha, terdiri dari daratan ± 9 Ha, dan  permukaan air ± 6 Ha.
Fasilitas Rekreasi yang tesedia diantaranya : Water Park atu Water Boom (yang dilengkapi dengan Kolam Arus, Kolam Anak, Slide Spiral dan Slide Race), dan Sepeda Air, Perahu Wisata, Olah Raga Dayung, memanjcing, Agro Wisata Mangga, serta berbagai permainan anak lainnya.

4.Situ Bolang

 

Situ Bolang sebagai sebuah danau kini terus dikembangkan menjadi urat nadi perekonomian masyarakat di pedesaan Kabupaten Indramayu, tepatnya di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung. Situ yang jaraknya hanya 10 km dari jalur pantura Jakarta-Cirebon ini memiliki prospek yang cukup menggembirakan, tidak saja bagi lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) Desa Jatisura sebagai pengelola, tetapi juga bagi warga sekitar dan desa-desa tetangganya.
Bayangkan, Situ Bolang yang hanya memiliki luas area genangan air 6,25 hektare dan menampung air hujan sekitar 425.000 m3, selama ini telah mampu memberikan manfaat yang luar biasa bagi pengelola dan masyarakat beberapa desa di sekitarnya. “Selain memanfaatkan airnya untuk keperluan pengairan sawah masyarakat desa sekitar dan budi daya ikan, kawasan Situ Bolang juga telah dikembangkan menjadi sebuah lokawisata alam pedesaan oleh LPM Desa Jatisura,” kata Winda, salah seorang warga Desa Jatisura yang bertugas sebagai mantri pengairan dari Dinas Pengairan Provinsi Jawa Barat (Jabar).
Suasana alam pedesaan dengan latar belakang hamparan hutan jati dan pohon akasia milik Perum Perhutani di sekeliling Situ Bolang memang merupakan pemandangan yang sungguh indah sekaligus menyejukkan. Hal itu membuat kawasan tersebut cocok untuk dijadikan tempat bersantai.
Meski dengan fasilitas seadanya, keindahan panorama alam dan kesejukan udara Situ Bolang pun dikembangkan menjadi sebuah lokawisata alam pedesaan oleh LPM Desa Jatisura. Ini dimulai dengan memperbaiki infrastruktur jalan menuju Situ Bolang secara bergotong royong oleh warga.
Kemudian secara bertahap mereka melakukan perbaikan lingkungan Situ Bolang dan membangun pondok wisata secara sederhana bagi pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati indahnya alam sekitar. Sedangkan bagi mereka yang hobi memancing, disediakan lapak serta rakit bagi pengunjung yang ingin berlayar mengelilingi situ.
Upaya yang mulai dirintis LPM Desa Jatisura pada 2000 tersebut ternyata tidak sia-sia. Apalagi, setelah Bupati Indramayu H Irianto MS Syafiuddin memberikan bantuan peningkatan dan pengerasan jalan desa menuju lokawisata Situ Bolang, jumlah pengunjung terus bertambah. Tahun 2004 jumlah pengunjung benar-benar booming, mencapai 40.000 wisatawan. “Saat itu pendapatan Situ Bolang bisa mencapai Rp 80 juta dari hasil karcis masuk wisatawan Rp 2.000 per orang,” kata Winda.
Wisatawan tersebut tidak terbatas dari kawula muda, tetapi juga kalangan orang tua, terutama mereka yang gemar memancing. Setiap pengunjung bisa mendapatkan 20 kg ikan per hari dari hasil pemancingannya. “Padahal, mereka tidak dipungut bayaran lagi, kecuali tiket masuk Rp 2.000/orang,” kata Satiah, pemilik pondok wisata dan warung makanan di Situ Bolang. Ikan jenis nila dan ikan mas di Situ Bolang memang sengaja ditanam oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Indramayu.

5.Makam Raden Arya Wiralodra

 

Situs Makan Raden Arya Wiralodra, adalah tempat dimana dimakamkannya Raden Arya Wiralodra yang merupakan pendiri dari Kota Indramayu, Jawa Barat. Situs makan Wiralodra ini terletak di Desa Sindang Kecamatan Sindang (lapangan Krapyak) tepatnya sekitar 500m sebelah barat Pendopo Kabupaten Indramayu.   Tempat ini biasa dijadikan sebagai wisata ziarah yang berada di Indramayu, Jawa Barat.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger news

Flag Counter